Selamat Datang di
segi6's blog
TerimaKasih telah berkunjung.

Minggu, 09 Mei 2010

Perbedaan, antara "Air Biasa", Air Oxygen, Air Hexagonal.

   Akhir-akhir ini pasar industri air minum dalam negeri, di ramaikan oleh munculnya 2 jenis air terbaru, yaitu air ber oksigen dan air Hexagonal.
Kehadiran produk-produk air ini tentu saja mengundang rasa penasaran di banyak kalangan, hingga diantara mereka banyak yang bertanya apa bedanya antara air yang beroksigen dan air heksagonal dengan air biasa ???.
   Secara struktural, ketiga jenis air di atas memiliki kesamaan, yaitu tersusun atas 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen (H2o). Jadi sebenarnya semua jenis air yang ada di dunia ini mengandung oksigen. Dan sebenarnya kebutuhan Oksigen untuk tubuh kita, kita dapat bukan dari air tetapi dari Udara yang kita hirup.
Tulisan ini adalah sedikit pengetahuan tentang air Hexagonal yang memiliki banyak perbedaan di bandingkan dengan kedua jenis air yang lain.

   Pada dasarnya jenis air dibagi dalam dua kategori.
        1. Air pentagonal.
        2. Air Hexagonal.
   Mari kita bahas satu per satu.

        1. AIR PENTAGONAL / Segi Lima ( molekul atom nya tak stabil dan tak beraturan )

Air biasa (air minum kemasan bukan RO) dan Air ber Oxygen (di pasaran biasa disebut air RO) adalah dua jenis air yang termasuk dalam kelompok AIR PENTAGONAL. Perbedaan yg mencolok terdapat dalam kandungan Oxygen terlarutnya dan kandungan mineral. Karena pada pembuatan air ber oxygen, oxygen di paksa masuk kedalam air dengan tekanan dan suhu tertentu.

        a. Air ber Oxygen / RO (air murni tanpa kandungan mineral).

   Pada umumnya kelarutan oksigen dalam AIR PENTAGONAL sangat rendah, pada suhu 20 derajat Celsius kelarutan oksigen dalam tekanan 1 atm sekitar 0.0045 mg atau O2/100 mg air. dan Apabila di tambahkan oksigen ke dalam air dengan cara dipaksa, air secara perlahan akan melepaskan oksigen itu kembali. karena itu jangan terlalu lama menyimpan air beroksigen, karena ia akan berubah kembali menjadi air biasa walaupun disimpan dalam botol tertutup, karena oksigen dapat menembus botol kemasan plastik (polimer) yang berpori halus sekalipun.
   Kekurangan produk ini adalah :
karena dia termasuk dalam jenis air RO / reverse osmosis (air murni tanpa kandungan mineral), maka cara mengkonsumsi yang dianjurkan dalam 1 hari 1 malam, maksimal 600ml (mengutip dari sales air Oxygen yg saya temui).
Bahkan menurut badan kesehatan dunia WHO, mengkonsumsi air yang tidak mengandung Mineral setiap hari, dalam jangka waktu lama, sangat tidak baik untuk kesehatan kita (sejak tahun 1960). Tapi kenapa air jenis ini menjadi trend di indonesia saat ini..?..?..?.

        b. Air biasa (air minum kemasan bukan RO).

produk ini terlahir karena kebutuhan manusia akan air yang bersih dan sehat (mengandung mineral), bukan hanya sekedar pelepas dahaga. Air memiliki fungsi yang sangat penting dalam menentukan derajat kesehatan, karena sekitar 70 % tubuh kita adalah air dan pengaruhnya terhadap kesehatan cukup besar. Apabila air yang kita konsumsi berkualitas buruk, maka kesehatan kita pun menurun. Dan sebaliknya, jika air yang kita konsumsi berkualitas baik maka kesehatan kita akan meningkat.

        2. AIR HEXAGONAL / Segi Enam ( molekul atom nya stabil dan beraturan )

    Air Hexagonal seperti halnya air biasa, terbentuk atas susunan H2o. yang membedakan air ini dengan air biasa atau air yang ber Oxygen adalah Formasi kelompok molekul H2o nya. Rangkaian tersebut terjadi karena ada sejumlah gaya yang bekerja sehingga memungkinkan molekul H2o membentuk formasi yang khas.
Pada air biasa dan air yang beroksigen hanya lima molekul H2o yg berkelompok membentuk formasi pentagonal, selanjutnya kelompok-kelompok tersebut membentuk rangkaian berupa air yang kita jumpai sehari-hari. pada air Hexagonal, enam molekul H2o berkelompok membentuk formasi heksagonal (segi enam) fenomena ini terjadi karena air di pengaruhi oleh gelombang mgnet dan radiasi elektrik tertentu (gelombang panjang infra merah). 

   Tekait dengan perbedaan struktur tersebut, Air dikelompokan menjadi dua jenis :
        1.  BOUNDING WATER
   Adalah air dengan formasi rangkaian molekul H2o yang cenderung membentuk kelompok besar dan tidak stabil air jenis ini biasanya membentuk formasi pentagonal antara lain air mineral kemasan, ukuran (H2o) 36-46. air kran, ukuran (H2o) 50-60. air tanah, ukuran (H2o) 70-80 serta air tercemar dan air rebusan, ukuran (H2o) 200-300.
         2.  CLUSTERED WATER
   Adalah air dengan formasi rangkain molekul H2o yang cenderung membentuk kelompok kecil dan stabil misalnya air Heksagonal, ukuran (H2o) 6.
    Secara alami air heksagonal terdapat di alam namun, keberadaannya semakin langka karna pencemaran di muka bumi yang semakin parah. Tetapi dengan kemajuan teknologi kita kita mampu membuat air heksagonal.

         MANFAAT AIR HEKSAGONAL

Air heksagonal memiliki perbedaan dengan air biasa. perbedaan ini berpengaruh terhadap perjalanan reaksi biokimia. Sifat air ini, yang membentuk kelompok kecil dan stabil, sangat menguntungkan untuk kesehatan tubuh manusia. ia lebih mudah masuk kedalam sel, mengaktifkan proses metabolisme sel, dan mengahasilkan lebih banyak energi, selanjutnya dia juga lebih efektif melarutkan dan membuang zat sisa metabolisme yang berupa racun bagi tubuh.
    Cairan tubuh manusia terdiri atas tiga golongan, air heksagonal menempati porsi terbesar yaitu 62% sedangkan air pentagonal 24% dan sisanya 14% berbentuk tehtahedral yang terkait satu sama lain membentuk rantai. oleh karna itu tubuh kita sangat membutuhkan air heksagonal. penurunan air heksagonal dalam tubuh hingga 50-60% akan menyebabkan kematian.
    Bahan pengawet dan pewarna makanan, anti biotik, logam berat pada ikan tercemar, residupestisida pada buah dan sayuran, radiasi alkohol, stres serta depresi, dapat merusak air heksagonal yang telah ada dalam tubuh sebelumnya dan meningkatkan volume air pentagonal di dalam cairan tubuh. Bahkan faktor-faktor tersebut bisa secara langsung memicu terbentuknya sel kanker. Bila sel kanker ini mati pengaruhnya bagi tubuh tidak berbahaya tapi jika sel itu tetap hidup ia akan mempengaruhi sel lainnya sehingga kanker makin meluas.
    Keberadaan air heksagonal yang cukup dalam tubuh, sangat baik bagi kesehatan tubuh. ia dapat meningkatkan kualitas cairan sel tubuh, memberikan lebih banyak energi pada sel, membanu melindungi inti sel dari zat sisa metabolisme, meningkatkan kemampuan sel untuk menetralisir dan membuang toksin, meningkatkan kandungan oksigen, meningkatkan daya serap terhadap zat gizi serta meningkatkan kemampuan sel untuk memperbaiki diri.


Sumber : Mahani SP MSI
ahli gizi pada pusat konsultasi gizi "sehati bogor"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar